Seperti apa sih SUNSET dan VIEW KETIKA CERAH di PANTAI SANTOLO?


tisnaelias.blogspot.com
Real pict Sunset Santolo beach
17:35 WIB


Sahabat TE, kita bahas dulu sejarah pantai ini sedikit, Pantai Santolo terletak di desa Pamalayan, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dahulu dikenal dengan nama Pantai Cilauteureun, Bangsa Eropa terutama Belanda yang berdatangan ke pantai tersebut mengalami kesulitan dalam mengeja kata Cilauteureun. Orang-orang Eropa yang datang ke sna kemudian melapalkan kata Cilauteureun dengan kata Santolo.

Dengan demikian nama Pantai Santolo merupakan pelapalan Bangsa Eropa terhadap nama Pantai Cilauteureun, kemudian pada perkembangannya bangsa kita pun ikut menyebut nama tersebut menjadi Pantai Santolo hingga saat ini.

Pantai Santolo sudah sangat terkenal di kalangan penduduk Jawa Barat ke-2 setelah Pantai Pangandaran, dan menjadi tempat buruan jika hari libur atau weekend panjang, tempat ini akan sangat penuh sahabat.

Bagaimana akses menuju ke sana?

Sahabat, untuk menuju ke sana ada 3 alternatif jalan yang bisa dipakai:

  1. Via Garut : Jika berada di daerah timur Jabar, bisa memakai jalur ini dengan keadaan jalan cukup baik namun waktu yang diperlukan sangat lama.
  2. Via Bandung-Pangalengan : Jalur ini yang sangat cepat, jika dari arah Bandung hanya memakan waktu 4 jam saja bahkan bisa 3 jam dengan memakai motor. Dengan kondisi jalan cukup bagus namun setelah Pangalengan, banyak sekali jalanan yang belum rata, jadi sahabat harus berhati-hati. Spot istirahat yang cocok biasanya di daerah Situ Cileunca sambil melihat danau.
  3. Via Bandung-Ciwidey : Akses jalan bagus, direkomendasikan melalui jalan ini jika berkunjung ke Pantai Santolo, selain itu selama perjalanan banyak sekali spot wisata di Ciwidey yang bisa dikunjungi seperti Kawah Putih, Buper Kampung Cai Ranca Upas, Pemandian Air Panas Ciwalini dan Cimanggu, Situ Patenggang juga Kawah Rengganis, atau sahabat bisa menikmati kesejukan sekaligus pemandangan hamparan kebun teh yang sangat luas dengan view bagus buat fhoto-fhoto. Waktu yang bisa ditempuh bisa 4 jam lebih.
tisnaelias.blogspot.com
Karang Pulau Santolo

Jika musim kemarau cuaca di sana sangat cerah, sahabat bisa melihat langit biru dan sunset yang indah. Yang buat betah yaitu udara nya tidak terlalu panas jika di bandingkan dengan pantai lainnya. Bulan yang pas yaitu antara bulan Juni - Agustus. Gimana sahabat? Lihat preview 2 MENIT video Pantai Santolo.

Fasilitas disana sudah cukup lengkap, banyak terdapat penginapan-penginapan warga yang bisa anda sewa, berhadapan langsung dengan pantai, dengan sewa per malam 150 ribu untuk weekday sampai 300 ribu untuk weekend. Jika tahun baru bisa mencapai 700ribu per malam nya. Jadi pandai-pandai lah menawar.😅. Harga tiket masuk 10 ribu/orang. Namun d sana belum terdapat hotel yang bagus dan dekat pantai, cuma ada penginapan-penginapan milik warga sekitar.

tisnaelias.blogspot.com
Sunset Pantai Santolo

Ombak nya tidak terlalu besar kalau pagi/siang hari, jadi aman untuk berenang, jika bosan berenang sahabat bisa menyebrang pulau santolo dengan menyewa perahu milik para nelayan, sesampai nya di sana sahabat akan disuguhkan dengan hamparan karang yang luas, sahabat bisa berjalan menyusuri karang tersebut dengan air hanya sebatas mata kaki. 

Di sana disediakan gazebo-gazebo sekedar untuk istirahat, jajan jajanan laut atau tidur-tiduran ditemani angin yang cukup dingin di bawah pohon-pohon, jadi jangan khawatir kepanasan, adem kok di sana sambil menikmati keindahan karang beserta ombak. Lihat juga WISATA 2020 Telaga Biru Cicerem YANG VIRAL DI MEDSOS


Selain pantai santolo ini, ada juga pantai sayang heulang tepat di pinggir pulau santolo, jika memakai kendaraan cukup 5-10 menit menuju ke sana.

Tonton preview di youtube 2MENIT: