Kawah Rengganis (Cibuni) Plus Pemandian Air Panas Alami


Sahabat TE, berbicara tentang panorama keindahan tanah Sunda selalu menyajikan pemandangan yang menarik, memberikan kesan tersendiri jika berkunjung ke salah satu objek wisata di kawasan Bandung Selatan. Yup, kawah Rengganis/Cibuni merupakan salah satu kawah yang terbentuk akibat letusan gunung Patuha ribuan tahun lalu, yang terbesar yaitu kawah Putih yang begitu fenomenal. Tetapi kali ini penulis akan membahas kawah Rengganis, berbeda dengan kawah Putih, kalau kawah putih membentuk danau cukup besar sedangkan kawah Rengganis membentuk batuan-batuan yang banyak mengeluarkan uap gas dan sumber mata air panas, tempat ini tergolong wisata murah di kawasan Bandung Selatan.

Lokasi
Kawah Rengganis terletak di desa Cibuni, kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Objek wisata ini searah dengan objek wisata Situ Patengan / Patenggang.


Aksesibilitas
Bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor kurang lebih dua jam dari pusat kota Bandung, kondisi jalan sangat baik. Sepanjang perjalanan Anda akan banyak melewati objek wisata seperti Kampung Pago, Valley Resort, Kampung Strowberry, Patuha Resort, Kawah Putih, Kampung Cai Ranca Upas, Pemandian Air Panas Cimanggu, Pemandian Air Panas Ciwalini dan yang terakhir Situ Patengan, dari Situ Patengan kurang lebih sepuluh menit untuk tiba di sana.


Setelah sampai di Cibuni / kawah rengganis akan dihadapkan dengan pintu masuk, cukup membayar Rp. 10.000,- dan Rp. 5.000,- untuk parkir motor. Sayangnya untuk kendaraan roda empat tidak ada lahan parkir, jadi bagi Anda yang membawa mobil harus parkir di sepanjang jalan raya jangan khawatir aman kok soalnya ada petugas yang jaga sedangkan motor bisa anda bawa sampai lokasi dengan jalan bebatuan, tetapi jika Anda ingin olahraga sembari menikmati pemandangan kebun teh bisa berjalan kaki sekitar lima belas sampai dua puluh menit.


Pesona
Tiba di objek wisata ini Anda harus menuruni anak tangga, kegiatan yang dapat dilakukan di sana antara lain berfhoto-fhoto, mandi di pancuran air panas alami, jalan-jalan mengelilingi sekitar kawah dan mandi di sungai yang airnya jernih, di sini juga selalu di pakai untuk prawedding. Kawah ini dikelilingi oleh hutan yang vegetasinya cukup lebat menjadikan pemandangan yang begitu alami, tersedia juga saung-saung yang disediakan khusus bagi yang ingin beristirahat, di sana juga sudah banyak terdapat warung-warung makanan dan minuman. Jadi tidak usah khawatir bagi yang tidak membawa perbekalan.