Desain ID Card Sendiri Dengan Mudah


Bagi sahabat TE
yang mau belajar desain Photoshop, blog ini dibuat khusus bagi para pemula, dasar-dasar photoshop yang mudah dipraktekkan. Pada kesempatan ini saya coba membuat tutorial bagaimana cara membuat desain ID Card dengan mudah, hanya membutuhkan 10 menit saja sahabat pasti bisa membuatnya. Baiklah, langsung saja kita buat bersama-sama.

  1. Buka Adobe Photoshop versi berapapun bisa, sama saja langkah-langkahnya.
  2. Klik File-New atau bisa tekan Ctrl + N pada keyboard, setelah terbuka jendela baru silahkan isi bagian Name dengan nama "ID card", bagian Preset pilih "Custom", satuan ukurannya ganti menjadi "cm", untuk Width (panjang) input "5,5 cm", Height (tinggi) input "8,8 cm", bagian Resolution input "300" pixels/inch, Color mode ubah menjadi "CMYK", Background pilih "White" kemudian klik OK.
  3. Buat garis pembatas atau jarak pada background pada setiap sisinya dengan cara meng klik tepi garis kemudian drag ke sisi/tepi backgroundnya.
  4. Selanjutnya buat warna background dasar keseluruhan, pilih Rounded Rectangle Tool pada panel Tool sebelah kiri buat pada background, untuk warnanya ganti dengan warna abu-abu atau sesuaikan menurut selera sahabat.
  5. Klik lagi Rounded Rectangle Tool, pada option bar letaknya di atas pilih Fill Pixels, radius nya ganti menjadi 30 px, warna nya pilih warna biru.
  6. Pilih panel layer di sebelah kiri kemudian Create a new layer, kemudian tarik Rounded Rectangle Tool tadi menjadi kotak.
  7. Agar rapi, potong kotak tadi bagian bawahnya dengan cara pilih rectangular marquee tool pada panel tool, tarik menjadi kotak setelah itu ke menu edit-cut.
  8. Buat kotak kedua di atas kotak yang pertama atau ditimpa, caranya sama pilih Rounded Rectangle Tool lagi pilih warna yang berbeda, pada panel layer klik lagi Create a new layer, tarik sehingga menjadi kotak.
  9. Potong lagi bagian bawahnya dengan cara pilih rectangular marquee tool pada panel tool, tarik menjadi kotak setelah itu ke menu edit-cut.
  10. Selanjutnya pada bagian bawahnya buat kotak lagi, caranya sama seperti yang di atas, gunakan warna yang berbeda, pada layer buat Create a new layer dan buat kotak lagi menggunakan Rounded Rectangle Tool, nah sekarang background ID Card selesai.
  11. Sekarang untuk mengisi isi ID Card, buat teks seperti nama, jabatan, tanggal lahir dan lainnya, kemudian posisikan dan rapikan.
  12. Jangan lupa masukkan pas photo dengan cara File-Place-pilih fhoto yang akan dimasukkan, kemudian rapikan fhoto tadi dengan cara pilih Rounded Rectangle Tool, tarik dan sesuaikan lalu ke menu select-modify-smooth isikan 30 kemudian OK, kembali ke panel layer selanjutnya pilih Add layer mask dan selesai. Baca juga Cara Membuat Desain Standing Banner Simpel.
Itulah tutorial kali ini, jika sahabat TE ada yang kesulitan dan belum paham jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar. Untuk lebih jelasnya silahkan simak video di bawah ini.