Desain Flyer Simpel


Sekarang ini banyak sekali tutorial-tutorial photoshop, yang dapat memudahkan sahabat untuk belajar desain. Kebutuhan akan ilmu desain sangat diperlukan bagi kalangan anak sekolah hingga perguruan tinggi. Sahabat TE, kali ini saya coba berbagi ilmu bagaimana cara membuat desain flayer dengan simpel dan mudah dipraktekkan. Penasaran kan?he. Coba ikuti langkah-langkah di bawah ini :
  1. Yang pasti buka aplikasi Adobe Photoshop.
  2. Pilih menu File-New atau bisa menekan Ctrl + N, maka akan muncul tampilan baru.
  3. Di bagian Name bisa diberi nama sesuai sahabat, di bagian Preset silahkan pilih International Paper maka ukuran akan otomatis muncul, untuk resolution input 300 pixels/inch kemudian klik OK.
  4. Selanjutnya pilih menu Layer-Duplicate layer-OK.
  5. Pilih lagi Layer-Layer Style-Pattern Overlay, maka akan tampil layar baru.
  6. Di bagian Pattern sebalah kanan silahkan klik tanda panah, pilih Artist Surfaces-OK, pilih model Canvas.
  7. Di bagian scale isikan 400, kemudian klik OK, maka background akan berubah.
  8. Selanjutnya tampilkan ruler dengan menekan Ctrl + R.
  9. Simpan cursor mouse tepat di garis ukuran, kemudian tarik ke background sehingga nantinya background akan terbagi menjadi 6 bagian, yang nantinya akan kita beri warna masing-masingnya.
  10. Selanjutnya di menu sebelah kiri pilih Rectangle Tool / tekan U pada keyboard, buat dan sesuaikan dengan garis yang tadi ditandai, maka otomatis salah satu bagian telah diberi warna.
  11. Pilih Layer-Layer Style-Gradient Overlay, dibagian gradient silahkan klik kemudian sesuaikan dengan warna yang sahabat inginkan sesuai selera setelah itu OK.
  12. Bagian background ke satu selesai, untuk mengisi background kedua tingal di copy saja tidak usah repot-repot lagi, caranya dengan menekan Alt jangan dilepas sambil menggeser mouse ke sebelah kiri, jika sudah pas kemudian lepaskan mouse, untuk mengganti warna background kedua silahkan pilih panel layer sebelah kanan, klik Gradient Overlay ubah dengan selera sahabat.
  13. Bagian background ketiga, keempat, kelima dan keenam caranya sama.
  14. Setelah selesai memberi warna semuanya, masukkan tulisan / teks panel sebelah kiri yang berlambang T, masukkan tulisan sesuai sahabat kemudian tekan enter.
  15. Untuk memberi efek pada tulisan silahkan pilih menu Layer-Layer Style-Stroke, maka akan tampil jendela Layer Style, pada bagian size silahkan sahabat ubah sendiri beserta pilihan yang lainnya, jika sudah selesai tekan OK.
  16. Gabungkan tulisan tadi dengan background warna warni ke dalam satu layer, caranya pilih panel layer sebelah kanan, tekan  shift pada keyboard, pilih layer tulisan sampai keenam layer background warna warni setelah itu klik kanan pilih merge layers, maka akan menjadi satu layer.
  17. Selanjutnya pilih menu Filter-Distort-Ocean Ripple akan muncul jendela baru, sesuaikan efek distort nya kemudian OK.
  18. Untuk mempercantik desain Flayer silahkan sisipkan sebuah gambar di background, caranya pilih File-Place, pilih gambar sesuai selera kemudian OK.
  19. Agar sisipan gambar tadi menyatu dengan layer background, perhatikan pada panel layer sebelah kanan, di bagian Normal ganti dengan Luminosity, maka gambar tadi akan tampak menjadi satu.
  20. Selesai desain Flayer sahabat sudah jadi.
Semoga bermanfaat dan menjadi berkah bagi sahabat TE semua. Untuk selanjutnya dan yang paling dilihat banyak orang silahkan lihat Cara Membuat Desain ID Card sendiri Gampang dan Mudah.

Untuk lengkapnya, di bawah ini adalah video tutorial Cara Membuat Desain Flayer seperti di atas, selamat mencoba.