SONY Luncurkan Xperia ZX1 TERBARU, Kamera 3D, Video SLOW MOTION

Fhoto by Dan Seifert

Tepatnya kemarin, tanggal 31 Agustus perusahaan besar SONY mengumumkan peluncuran smartphone terbarunya, yaitu Xperia XZ1 dan XZ1 Compact, smartphone ini akan menggantikan tipe sebelumnya XZ dan X Compact. Dengan pembaharuan processor utama pada kedua ponsel ini yaitu menggunakan processor Qualcomm Snapdragon 835, di desain secara halus dan slim, bingkainya memakai bahan material logam serta sistem operasinya Android 8.0 Oreo juga menonjolkan trik kamera yang hanya terdapat pada kedua ponsel ini.

Selain itu, keunggulan ponsel tersebut dapat menangkap hasil potretan dengan sangat cepat, walaupun anda sedang berlari pun hasil pemotretan tetap sempurna tanpa takut blur atau buram, luar biasa. Karena memiliki sistem kamera Sony's Motion Eye dengan auto focus predictive capture, sistem ini akan mengambil gambar beberapa detik sebelum anda benar-benar menekan tombol kamera, tujuannya untuk mengurangi momen yang kurang bagus saat memotret.

Fhoto by Dan Seifert

Keunggulan lainnya yang ingin ditonjolkan oleh SONY ini yaitu ponsel tersebut sudah terpasang dengan kamera belakang 19 megapixel dapat merekam video slow motion (video gerak lambat) yang dapat menangkap 960 frame per detik. Bisa dibayangkan sebuah kamera ponsel dapat menangkap frame sebesar itu hanya dalam satu detik saja, cukup menakjubkan. Bukan hanya itu, ZX1 memiliki kamera depan 13 megapixel untuk selfies super detail, menurutku, sedangkan kamera depan ZX1 Compact memiliki 8 megapixel super lebar.

Baca juga: Dua DRONE Terbaru DJI, Mavic Pro Platinum & Phantom 4 Pro Obsidian

Fitur baru lainnya yang ditawarkan XZ1 ini adalah mode pemindaian 3D, kamera dapat memindai dan dapat menyimpannya sebagai gambar 3D, yang kemudian dapat dikirimkan ke printer 3D atau bahkan dapat berbagi ke jejaring media sosial. SONY juga berencana untuk mengintegrasikan fitur ini ke dalam game, sehingga memungkinkan memindai kepala anda dan menggunakannya sebagai avatar, namun perencanaan itu belum juga selesai.


Xperia ZX1 (Dual SIM) memiliki layar 5.2 inch dengan 1080 pixel, sedangkan ZX1 Compact dengan layar 4.6 inch, 720 pixel. Dua-duanya memakai kaca Gorilla Glass, kuat dan anti gores (tidak perlu memakai plastik anti gores), juga kedua-duanya diberi IP68 sebagai tahan terhadap air. Dengan processor yang sama yaitu Qualcomm snapdargon 835, kapasitas RAM 4GB (bagus memainkan game), kapasitas baterai 2.700 mAh. XZ1 memiliki memory internal sebesar 64 GB, XZ1 Compact memiliki memory internal 32 GB, keduanya mendukung penyimpanan eksternal microSD, karena memory internalnya besar saya rasa anda tidak perlu memasang memory eksternal microSD.

Pihak SONY pun mengatakan bahwa ZX1 Compact merupakan satu-satunya ponsel Compact premium yang ada dipasaran, karena semua ponsel lain dengan Snapdragon 835 tidak memiliki layar lebih besar. Selain itu ZX1 Compact mendukung fitur T-Mobile's Wi-Fi Calling and VoLTE.


Fhoto by Dan Seifert

Smartphone ini hadir dengan varian warna, hitam, perak, pink dan biru. XZ1 akan tersedia mulai tanggal 19 September sekarang dengan harga $ 700 atau Rp. 9.100.000 melalui Amazon, sementara ZX1 Compact akan mulai tersedia tanggal 4 Oktober mendatang seharga $ 500 atau senilai Rp. 6.500.000.