Sejuk, Adem Berada di SITU CISANTI Bandung

http://www.panoramio.com

Salam hangat sahabat TE, saya ucapkan terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca blog saya yang pas-pas an ini, tapi walaupun pas-pas an semoga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya, khusus nya bagi sahabat TE yang ingin menambahkan tempat wisata yang saya rekomendasikan dan menjadi daftar list wisata sahabat TE berikutnya.

Pada kesempatan kali ini saya merekomendasikan situ Cisanti, tempat ini masih belum ter explorer, belum banyak yang tahu tentang keberadaan situ/danau ini, hanya orang-orang yang di sekitar bandung saja yang mengetahuinya.

Lokasi
terletak di kampung Pejaten, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari dan masih termasuk kabupaten bandung, Jawa Barat. Berjarak sekitar 3 jam dari pusat kota bandung, dan berada di kawasan gunung Wayang. Untuk sampai di sana ada 2 rute pilihan jalan, sahabat TE boleh memilih nya salah satu.


Rute pertama via Banjaran - Pangalengan.
Rute ini jika dari luar kota Bandung untuk sampai di Banjaran krang lebih 45 menit, setelah di Banjaran ambil arah ke Pangalengan. Sahabat TE akan dihadapkan dengan pertigaan, kemudian banting stir ke kiri.hehee, arah ke perkebunan teh Malabar/Cibolang. Untuk kondisi jalan sampai Cibolang cukup baik namun setelah itu jalan rusak parah sampai situ Cisanti. Sahabat TE akan dihadapkan dengan hamparan kebun teh yang sangat luas, seperti lagu “kiriii kaaanan kulihat saja banyaaak kebun teh luaaas".hehee. Sebenarnya dengan melewati kawasan Pangalengan ini bisa terbilang lebih dekat dengan jalan yang tidak terlalu menanjak, namun jalanan dengan rute ini cukup sulit, sepi, rusak dan lebih mudah tersesat karena kurangnya plang jalan khusus.

Rute kedua Via banjaran - ciparay - Pacet.
Rute ini tergolong rute yang selalu di gunakan, jadi saya rekomendasikan mengambil rute ini di karenakan kondisi jalan cukup bagus dan tidak terlalu rusak parah, tapi mudahan sekarang sudah bagus jalannya.

Tiba di pintu masuk situ Cisanti anda dikenakan tarif sangat murah, hanya membayar Rp. 7.500 per orang, udara di sana cukup dingin sahabat TE, fasilitas di sana terdapat mushola, wc umum, perahu untuk berkeliling situ. Jika sahabat TE berniat bermalam, di sana juga disediakan penginapan. Namun tidak banyak, tapi sayangnya situ Cisanti ini belum dikelola dengan baik, tidak seperti di situ patenggang yang fasilitas nya sudah lengkap, masih banyak yang perlu dibenahi untuk fasilitas nya. Mudah-mudahan untuk ke depan nya bisa di tingkatkan.
Situ Cisanti ini merupakan titik nol kilometer Citarum, salah satu hulu dari sungai citarum loh sahabat TE, siapa sih yang tidak tahu sungai citarum yang terbesar dan terpanjang di jawa barat, Situ Cisanti adalah sebuah danau yang terletak di tengah hutan eucaliptus dan situ ini terletak cukup tinggi dari permukaan laut. Yang menarik adalah situ ini merupakan pertemuan dari 7 mata air yang ada di sana, diantaranya adalah :
1.     mata air Cikahuripan / Pangsiraman, 
2.     mata air Cihaniwung, 
3.     mata air Mastaka Citarum, 
4.     mata air Cisadane, 
5.     mata air Cikoleberes,
6.     mata air Cikawedukan dan terakhir 
7.     mata air Cisanti.

http://www.panoramio.com

Dari ketujuh mata air yang ada di Situ Cisanti, yang paling populer adalah mata air Pangsiraman,  sahabat TE bisa lihat gambar di atas. Di sekitar mata airnya di pagari, tidak bisa masuk ke sana tanpa se ijin juru kunci nya, Saya lupa lagi namanya tapi yang jelas seorang nenek-nenek dan saya pun lihat mata air nya sangat jernih dan berwarna kebiru-biruan, di area mata air ini juga terdapat patilasan Dipatiukur yang sekarang dijadikan nama sebuah jalan di kota Bandung. Satu lagi yang saya terkesan yaitu di situ ini terdapat satu jenis kerang=remis yang besar, ditaksir sebesar kepalan tangan orang dewasa, aneh tapi nyata kerang besar kan biasanya hidup d laut, ini di air tawar. Pas kebetulan saya ke sana lagi musimnya kerang, di tawarin sama dua orang anak kecil, fresh lagi, langsung dari tangkapan nya.

Super murah sahabat TE 20 ribu dapat sekantong plastik gede, kalau tahu murah dari tadi aja beli yang sekarung beras kecil, pas Saya angkat tuh kerang,  beeerat. 5 kilo lebih lah sahabat TE, coba kalau beli masakan sea food, satu piring kerang aja di bandrol harga di bawah 100 ribu, ini 5 kilo jadi berapa harga ya? ya udah jangan dipikirkan, lumayan buat bagi bagi ke tetangga. hehe.

http://dunia-si-ana.blogspot.co.id

So, sahabat TE Anda tertarik untuk datang ke sana? Mudahan-mudahan kalau ada waktu sahabat TE dapat berkunjung ya.  Sekian dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat, kalau ada pertanyaan silahkan berkomentar di kolom komentar.