Desain Standing Banner


Bagi sahabat TE yang mempunyai usaha cafe, jajanan,warung dan lain sebagainya, diperlukan media promosi untuk meningkatkan penjualan sahabat. Media untuk mempromosikannya salah satunya yaitu dengan membuat banner. Bisa dilihat di pinggir-pinggir jalan, bank, mall  banyak terpampang sebuah banner, tanpa disadari itu merupakan media promosi yang efektif.

Tutorial kali ini saya coba buat cara membuat desainstanding banner cantik yaitu banner yang memanjang ke bawah, sahabat bisa ikuti langkah-langkahnya seperti yang saya buat berikut ini, langsung saja ke TKP.
  1. Buka Adobe Photoshop.
  2. Langkah awal klik File-New atau Ctrl + N pada keyboard.
  3. Isi kotak dialognya seperti Name: Banner, Preset: Custom, Width: 60 cm, Height: 160, Resolution: 300 Pixels, Color mode: CMYK kemudian klik OK.
  4. Beri batas pada tiap-tiap sisi/tepinya dengan mengklik ukuran penggarisnya di sisi kiri dan atas, beri jarak dan sesuaikan.
  5. Selanjutnya buat duplikat layer, caranya ke menu Layer-Duplicate layer-OK.
  6. Kemudian buat warna background awal klik panel Swatches letaknya di bagian kanan atas pilih warna yang diinginkan, jika sudah selanjutnya ke menu Layer-Layer style-Gradient overlay, silahkan ubah dan sesuaikan menurut selera sahabat pada kotak dialog Gradient overlay setelah itu tekan OK.
  7. Langkah berikutnya buat gradasi warna pada bagian bawah background, caranya klik Pen tool pada panel tool sebelah kiri, tarik setiap bagiannya sehingga membentuk seperti gambar di bawah ini.
  8. Kemudian ke menu Layer-Layer sytle-Gradient overlay, sesuaikan lagi menurut selera sahabat pada kotak dialog Gradient overlay, jika sudah silahkan tekan OK.
  9. Buat duplikat Layer yang baru saja dibuat, caranya ke menu Layer-Duplikate layer, maka otomatis akan menjadi dua layer, ubah kembali warna layer yang di duplikat barusan ke menu Layer-Layer style-Gradient overlay, selanjutnya ke menu Edit-Transform path-Wrap, geser layer tersebut sehingga tampak seperti gambar berikut.
  10. Selanjutnya buat beberapa teks dengan mengklik Horizontal type tool pada panel tool sebelah kiri, jika sudah posisikan teks tersebut sehingga menjadi rapi.
  11. Buat tekstur rumput pada teks tersebut dengan cara ke menu Layer-Layer style-Pattern overlay, untuk menampilkan tekstur rumput klik tanda panah kecil pada Pattern kemudian pilih Natural pattern-OK, sesuaikan menurut yang sahabat suka silahan Scale nya atur kemudian OK lagi.
  12. Jika ingin mempercantik teks nya silahkan otak atik kembali pada kotak dialog Layer Style.
  13. Tahap selanjutnya sahabat bisa menambahkan sebuah image/gambar sesuai dengan tema banner yang dibuat caranya ke menu File-Place, pilih gambar yang akan dimasukkan kemudian sesuaikan.
  14. Sahabat bisa mengganti tekstur gambar yang dimasukkan tersebut agar seperti tekstur pada teks, caranya sama seperti di atas ke menu Later-Layer style-Pattern overlay dan selesai.
Baiklah, itulah tutorial cara membuat desain standingbanner, semoga sahabat TE dapat mempraktekkannya sendiri dan jangan lupa jika menyukai tutorial ini silahkan bagikan ke teman sahabat.he. Tutorial menarik selanjutnya silahkan lihat Cara Membuat Desain Kartu Nama Sendiri.

Simak video tutorial berikut ini Cara membuat Desain Standing Banner selengkapnya, selamat menonton dan mencoba.