Desain Kartu Nama Sendiri


Kartu nama mencirikan identitas pekerjaan seseorang, setiap pelaku usaha membutuhkan relasi yang banyak untuk tujuan mencapai target perusahaannya. Tidak hanya pegawai perusahaan, sahabat pun jika mempunyai toko atau tempat usaha memerlukan yang namanya kartu nama karena di kartu nama tersebut mencerminkan bahwa usaha yang dikelola nampak benefit, mencantumkan identitas seperti nama perusahaan dan kontak yang bisa dihubungi. Tujuan kartu nama ini adalah agar jika sewaktu-waktu orang lain membutuhkan sahabat sudah ada nama, alamat dan nomor sahabat yang bisa dihubungi di dalam kartu tersebut.

Tidak perlu panjang lebar, karena panjang x lebar sama dengan luas segi empat.hee. Sahabat TE tutorial kali ini saya coba menunjukkan cara membuat desain kartu nama, simak langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka Adobe Photoshop.
  2. Langkah awal seperti biasa klik File-New atau tekan Ctrl + N pada keyboard.
  3. Isi kotak dialognya seperti Name: Kartu Nama, Preset: Custom, Width: 9 cm, Height: 5 cm, Resolution: 300 Pixels, Color mode: CMYK kemudian klik OK.
  4. Buat layer baru ke menu Layer-New-layer atau tekan Shift + Ctrl + N.
  5. Selanjutnya buat background dasar dengan cara klik Gradient tool pada panel tool sebelah kiri, pilih warna yang diinginkan beserta foreground nya di panel tool paling bawah.
  6. Kemudian simpan cursor mouse di tengah layar, tekan mouse lalu geser ke kiri atau kanan jika sudah lalu lepaskan, maka otomatis background suda diwarnai.
  7. Selanjutnya buat garis batas, beri jarak masing-masing sisinya agar sama, caranya klik ukuran penggaris pada kiri dan atas tarik menggnakan mouse atau bisa dengan klik menu View-New Guide.
  8. Klik Polygon tool pada panel tool,kemudian lihat ke atas  pada menu bar nya perhatikan tulisan Sides silahkan ganti menjadi 6 dan Color nya ganti menjadi warna putih lalu tarik dan buat kecil.
  9. Buat lagi gambar Polygon nya dengan cara tekan dan tahan  Alt pada keyboard lalu geser menggunakan mouse kemudian lepaskan, lihat gambar di bawah ini.
  10. Satukan layer Polygon semuanya agar menjadi satu layer, caranya ke panel layer sebelah kanan bawah kemudain sorot semua layer Polygon yang telah dibuat lalu klik kanan pilih merge layers, ganti Opocity menjadi 25%.
  11. Selanjutnya buat kotak persegi panjang menggunakan Rectangle tool pada panel tool sebelah kiri lalu pilih warnanya menjadi hitam kemudian tarik memanjang ke samping.
  12. Kemudian perhatikan pada panel layer sebelah kanan, pilih layer kotak persegi panjang tersebut kemudian klik kanan pilih Concert to smart object, klik kanan lagi lalu pilih Rasterize layer, tujuannya yaitu untuk menghilangkan bagian yang akan dipotong.
  13. Baik, lalu potong bagian ujungnya menggunakan Pen tool lalu buat segitiga dengan ujungnya yang melengkung, klik kanan pada objek pen tool yang telah dibuat lalu pilih Fill path, ganti Color nya menjadi putih lalu OK.
  14. Pada bagian ujungnya yang satu lagi sahabat bisa menggunakan dengan cara yang sama.
  15. Sentuhan akhir, silahkan buat teks seperti nama usaha/perusahaan, alamat dan nomor kontak sahabat, atau untuk mempercantiknya  bisa memasukkan logo dan gambar yang sudah sahabat punya.
Selesai sudah cara membuat desain kartu nama ini, kurang dan lebihnya bisa sahabat modifikasi sendiri, tutorial berikutnya silahkan lihat Cara melapisi sebuah objek dengan warna lain.

Lihat video tutorial cara membuat desain kartu nama selengkapnya, selamat menonton.