Kampung Cai Ranca Upas, Ini Dia Yang Bikin Betah Berada Di Sana

foto.andreaskrisna.com

Sahabat TEBandung  selain pusat mode di Indonesia juga memiliki banyak destinasi wisata yang sangat terkenal, salah satu nya bumi perkemahan Ranca Upas. Ranca Upas  merupakan salah satu bumi perkemahan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Memiliki luas area sekitar 215 Hektar, berada pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, dengan suhu udara sekitar 17 °C - 20 °C. Sekitar area, sangat dingin apalagi kalau sedang musim kemarau panjang, suhu di malam hari bisa mencapai 5C.

Memiliki hutan lindung dengan beragam flora seperti tanaman anggrek, pohon Huru, Hamirug, Jamuju, Kihujan, Kitambang, Kurai, Pasang dan Puspa. Sedangkan fauna terdiri dari beragam jenis burung, serta beberapa satwa jinak lainnya.



Lokasi
Terletak di Jalan Raya Ciwidey, Alam Endah, Ciwidey Kabupaten Bandung, dengan jarak sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung.

Fasilitas dan Aktivitas
Tempat ini merupakan sebuah camping ground, dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti kamar mandi umum hangat maupun dingin dan sarana beribadah Mesjid. Juga terdapat arena outbound dan penyewaan kendaraan.
  • ATV
  • Adventure
  • Bersepeda
  • Kolam Renang Air Hangat
  • War Games
  • Kolam Renang Waterboom
  • Water Games
  • Camping Ground
  • Outdoor Gathering
  • Fun Games
  • Penangkaran Rusa Jawa
http://beritatitik.blogspot.co.id
Ranca Upas Ciwidey merupakan salah satu tempat pelatihan Kopassus sampai sekarang, dulunya ranca upas merupakan hutan belantara dengan rawa yang luas. Setelah hutan tersebut bebas dari hewan buas, Ranca Upas dijadikan hutan lindung oleh pihak Perhutani dan kemudian membuka lahan tersebut untuk menjadi sebuah Camping Ground.

Ranca Upas Ciwidey, diambil dari kata bahasa Sunda yaitu "Ranca" yang berarti "Rawa", dan "Upas" adalah petugas Perhutani yang melegenda dikawasan Gunung Patuha. Diceritakan bahwa Upas merupakan seorang yang berbadan kekar dengan tinggi 198 cm, dia berkebangsaan Belanda. Dia meninggal saat melaksanakan tugas lapangan untuk menjelajahi rawa di kawasan yang sekarang menjadi Ranca Upas, yang sampai saat ini mayatnya tidak pernah ditemukan.

Tiket
Harga tiket masuk kawasan Bumi Perkemahan Ranca Upas Rp. 10.000 / Orang, untuk menginap / camping dikenakan biaya tambahan Rp. 10.000 / Orang. Kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp. 2.000 dan kendaraan roda empat Rp. 5.000. Nah, bagi yang mau berendam air panas water boom dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 15.000, tanpa harus kedinginan karena cuaca di sana cukup dingin bahkan di siang hari. Selain itu jika anda ingin berkemah dan lupa tidak bawa tenda, tenang saja di sana juga sudah di sediakan tempat sewa tenda, dengan harga bervariasi, untuk kapasitas 3 sampai 4 orang biasanya sewa tenda berkisar Rp. 100.000,- sampai Rp. 150.000,-/hari. Kegiatan lainnya anda juga bisa sewa sepeda sekedar berkeliling kawasan Ranca Upas dengan nuansa alam pegunungan.

www.initempatwisata.com

Aksesibilitas
Bumi perkemahan Ranca Upas berjarak sekitar 41 Km dari pusat kota Bandung, tidak terlalu jauh dari lokasi objek wisata Kawah Putih dan Kolam air panas Cimanggu. Apabila anda ingin menggunakan kendaraan umum, anda harus menuju terminal Ciwidey menggunakan Elf dari terminal Leuwi Panjang dengan tarif sekitar Rp. 10.000, kemudian dari terminal Ciwidey naik angkot yang berwarna kuning langsung ke pintu masuk bumi perkemahan Ranca Upas. Sekarang banyak ditemukan hotel di sekitar Ciwidey seperti Patuha Resort, Sindang Reret, Bungalow Kampoeng Strawberry dan penginapan lainnya, yang paling terdekat adalah Patuha Resort.