Kreasi Efek DoF(Depth of Field)


Sahabat TE ada yang tahu apa itu DoF (Depth of Field)? DoF yaitu rentang jarak yang dimiliki subjek fhoto untuk menghasilkan ketajaman atau fokus sebuah fhoto yang dihasilkan. Istilah ini biasanya digunakan dalam dunia fhotografer, tapi sekarang sahabat bisa membuatnya tanpa harus menggunakan kamera SLR yang cukup mahal, cukup 4 menit saja kita bisa mengedit sebuah fhoto yang biasa menjadi luar biasa dengan hanya menggunakan edit photoshop.

Baiklah, kali ini kita akan coba membuat bagaimana trik cara membuat kreasi efek Dof (Depth of Field), penasaran kan? Mari sama-sama simak tahapan demi tahapan berikut ini.
  1. Buka Adobe Photoshop.
  2. Pertama-tama tampilkan gambar yang akan dibuat DoF, sahabat bisa memakai fhoto sendiri atau bebas, tapi di sini kita coba memakai fhoto pasangan yang sedang bermesraan, klik menu File-Open kemudian pilih fhoto lalu tekan OK.
  3. Kemudian klik menu Filter-Blur-Box Blur, maka akan tampil kotak dialog Box Blur, silahkan ubah Radius menjadi 20 Pixels lalu tekan OK.
  4. Klik History Brush Tool pada panel tool sebelah kiri, kemudian klik kanan pada fhoto nya, ubah kuasnya pilih Soft Round Pressure Size, ubah Size: 70.
  5. Langkah akhir hapus secara perlahan objek orang/pasangan tersebut untuk menghasilkan efeknya, selesai.
Sahabat mudah bukan? Hanya beberapa langkah saja hasilnya pun sudah jadi. Untuk tutorial selanjutnya yang tidak kalah menarik lihat juga cara membuat efek 3D pada fhoto.

Video tutorial cara membuat kreasi efek DoF (Depth of Field) selengkapnya.